Perbedaan
pasar dengan pemasaran …
Pasar adalah
hubungan keseluruhan dari permintaan dengan penawaran terhadap barang atau jasa
.
Dilihat dari
hubungan antar pembeli dan penjual ,pasar dibedakan menjadi :
Pasar
persaingan sempurna adalah : pasar dimana terdapat banyak penjual dan banyak
pembeli untuk memperdagangkan barang yang homogeny.
Ciri – cirri pasar persaingan sempurna diantaranya :
- Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
- Barang yang dijual bersifat homogeny
- Terdapat kebebasan keluar masuk pasar ,baik bagi pembeli maupun penjual
- Ada mobilitas barang ,sehingga pembeli dapat mnemperoleh barang dalam jumlah berapapun
- Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar yang sebenarnya
Pasar
persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana syarat – syarat persaingan tidak
sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :
·
Pasar
monopoli adalah pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai
·
Pasar
duopoly pasar yang terdapat dua pihak penjual yang menguasai
·
Pasar
oligopli adalah suatu pasar yang terdapat beberapa penjual menguasai ( 3-
10 penjual / produsen
· Pasar persaingan monoplistis adalah pasar terdapat banyak penjual dalam suatu
jenis barang tertentu , tetapi tiap penjual memiliki cirri barang yang
berbeda ( diferensiasi produk )
·
Sedangkan
pemasaran :
Pemasaran
adalah suatu system menyeluruh dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang
dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan
Berikan
contoh masing-masing 5 untuk :
Jenis pasar
industri :
- Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana syarat – syarat persaingan tidak sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :
- Pasar monopoli adalah pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai
- Pasar duopoly pasar yang terdapat dua pihak penjual yang menguasai
- Pasar oligopli adalah suatu pasar yang terdapat beberapa penjual menguasai ( 3- 10 penjual / produsen
- Pasar persaingan monoplistis adalah pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis barang tertentu , tetapi tiap penjual memiliki cirri barang yang berbeda ( diferensiasi produk )
Contoh :
hypermarket,
pasar
swalayan (supermarket),
minimarket.
Pasar penjual :
pasar
Beringharjo di Yogyakarta,
pasar Klewer
di Solo,
pasar Johar
di Semarang.
Apa yg
dimaksud konsep inti pemasaran…
Konsep inti
pemasaran adalah pembagian – pembagian yang terdapat dalam suatu kegiatan
dalam pemasaran yang merupakan inti atau hal yang sering berkaitan /
berhubungan dari suatu kegiatan tersebut dari pada pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Sebut dan
jelaskan 4 variabel bauran promosi…
Promotion (promosi), yaitu berbagai
kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada
pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion,
advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
Advertising
( periklanan ) : bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang
dan jasa yang dibiayai oleh sponsor tertentu bisa melalui iklan media masa yang
ada atau iklan luar ruangan seperti pemasangan billboard, spanduk, dan poster.
Personal
Selling ( tenaga penjualan individu ) : komunikasi langsung ( tatap muka )
antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada
calon pelanggan
Sales
Promotion ( promosi penjualan ) : promosi penjualan meliputi beberapa kegiatan
komunikasi yang mencoba untuk memberikan nilai tambah atau insentif kepada
konsumen, atau pelanggan organisasi lain untuk merangsang penjualan langsung
Direct Marketing
( pemasaran langsung ) : suatu system pemasaran dimana organisai tersebut
berkomunikasi langsung dengan target konsumennya untuk mendapatkan respon atau
transaksi.
Sebutkan
beberapa alternatif sistem pemasaran …
1. Sistem pemasaran dengan saluran vertical
2.
Sistem
pemasaran dengan saluran horizontal
3. Sistem pemasaran dengan saluran ganda
Trims....
BalasHapus